Sukses

Suzuki Baleno Berlabel Toyota Meluncur Akhir Tahun

Www.sulawesita.com, Jakarta - Toyota dan Suzuki memang tengah melakukan kolaborasi untuk pengembangan bisnis dua jenama asal Jepang tersebut di India. Kabarnya, mobil pertama hasil kerjasama Toyota dan Suzuki di Tanah Hindustan ini, adalah Suzuki Baleno dengan tambahan emblem Toyota.

Melansir Rushlane, Senin (14/1/2019), peluncuran Suzuki Baleno bermerek Toyota ini kabarnya akan meluncur paruh kedua tahun fiskal 2019-2020.

Suzuki sendiri memang merupakan pemimpin pasar di India, dan hal tersebut cukup dimanfaatkan Toyota untuk melakukan kerjasama.

Dengan begitu, rakasa asal Jepang ini bisa setidaknya bisa mengambil beberapa pangsa pasar di India, dan Toyota mengembangkan fitur dan berbagai penyesuaian untuk versi Baleno sendiri.

Untuk diketahui, pada Maret 2018, kedua perusahaan ini sepakat saling memasok kendaraan hybrid dan lainnya. Suzuki bakal memasok Baleno dan Brezza ke Toyota, sedangkan Toyota bakal mengirim Corolla hybrid untuk Suzuki.

Kerjasama ini alih-alih untuk mengembangkan R&D produk serupa, namun cenderung berkolaborasi saling menguntungkan dengan suku cadang dan berbagai platform.

Selain itu, keduanya juga sepakat untuk memperluas kerjasama, seperti kendaraan yang dikembangkan Suzuki untuk dijual melalui Toyota ataupun Suzuki.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, bagi Toyota, Baleno akan memberikan impresi yang baik di segmen hatchback dengan kompetisi yang ketat di India.

Strategi seperti ini juga digunakan oleh Renault, Mitsubishi, dan Nissan. Jadi, diharapkan kesuksesan sebelumnya juga bisa dinikmati oleh Toyota-Suzuki.

Belasungkawa Meghan Markle dan Harry untuk Selandia Baru
Loading
Artikel Selanjutnya
Pertengahan Tahun, Suzuki Siap Luncurkan Motor Sport 250 Cc Baru
Artikel Selanjutnya
Mulai Bulan Ini, Harga Toyota Terkerek Naik Sampai Rp 25 Juta