Sukses

Sajian Khas Natal dari Berbagai Negara, Anda Pernah Coba?

Www.sulawesita.com, Jakarta - Meski Natal sebulan lagi, pernak-pernik untuk menyambut perayaan besar bagi umat Kristiani sudah mulai marak. Tak hanya aksesoris, makanan khas Natal juga sudah mulai bisa dipilah-pilih.

Sama halnya seperti perayaan besar lain, sejumlah negara memiliki sajian khas untuk menyambut Natal. Dari sekian banyak, Cashbac merangkum empat negara dengan hidangan Natal masing-masing berikut:

1. Kalkun, Inggris

Selain Thanksgiving, kalkun ternyata juga disajikan saat perayaan Natal di Eropa, terutama Inggris. Sejarahnya cukup unik, lantaran sebelum menjadikan kalkun sebagai hidangan natal, masyarakat Inggris lebih suka memasak bebek pada hari besar ini.

Suatu hari, seorang saudagar menemukan pedagang kalkun dan ia mulai memperkenalkannya pada warga sekitar dan ternyata cocok untuk dikonsumsi. Dari sanalah, ayam kalkun mulai dijadikan santapan wajib saat Natal.

2. Chiles en Nogada, Meksiko

Mungkin Anda belum pernah mendengar hidangan ini sama sekali, karena Chiles en Nogada adalah sajian yang jarang dibuat. Selain saat hari Natal, makanan khas ini juga dicari saat hari kemerdekaan Meksiko.

Kenapa hidangan ini jarang ditemui? Ternyata karena bahan-bahan untuk membuatnya sangat langka, yaitu cabai poblano, biji delima, dan walnut. Chiles en Nogada adalah sepotong daging yang disiram racikan bumbu lezat. Makanan ini sangat cantik dari segi presentasi karena memiliki warna hijau, putih, dan merah yang sama dengan warna bendera negaranya.

2 dari 2 halaman

Kue-Kue Pembangkit Selera

3. Kurisumasu Keiki, Jepang

Walau sebagian besar penduduk Jepang bukan penganut agama Kristiani, tapi mereka tak pernah absen memeriahkan hari Natal. Makanan khas sebagai hidangan Natal di Jepang adalah Kurisumasu Keik, yang bisa diartikan sebagai christmas cake.

Sekilas, kue ini terlihat tidak berbeda dari kue ulang tahun biasa, yaitu 1 loyang kue berhias krim putih, beberapa potong stroberi, dan sedikit cokelat. Tak jarang, di atasnya juga ditambahkan hiasan Natal cantik yang bisa menarik perhatian.

4. Figgy Pudding, Amerika Serikat

Amerika Serikat juga memiliki hidangan khas Natal sendiri. Walaupun lebih dulu dikenal oleh masyarakat Britania Raya, ternyata Figgy Pudding saat ini jauh lebih populer di Negeri Paman Sam.

Sebenarnya, Figgy Pudding terlihat lebih seperti kue daripada puding, karena yang dipakai memang bahan untuk membuat kue. Figgy Pudding cukup unik, karena sebelum disantap, puding ini akan disiram alkohol sehingga api bisa menyala di bagian atas dan membuatnya tambah menarik.

Saksikan video pilihan berikut ini: