Sukses

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan The Brainy Book

Www.sulawesita.com, Jakarta - Informasi guna menambah tingkat kecerdasan anak sekarang sudah sangat mudah diperoleh. Namun, harus tetap ada filter dari orangtua agar pengetahuan yang diterima memang valid dan sesuai dengan usia sang anak.

Walau sudah demikian mudah, menurut penelitian yang dilakukan Programme for International Student Assessment (PISA), tingkat kecerdasan anak Indonesia mengalami penurunan drastis dari tahun 2006 hingga 2015 dengan indikator kemampuan membaca, ilmu sains, dan logaritma matematika.

Karena penelitian tersebut, Sarden ABC bekerja sama dengan Indonesia Mengajar meluncurkan sebuah program, ABC Sobat Cerdas, dengan tujuan membantu anak-anak dengan beberapa pelatihan dan nutrisi yang diperlukan. 

"Tes PISA ini meliputi membaca, ilmu sains, dan matematika, supaya kami bisa mengetahui kualitas dari pendidikan saat ini. Misal, anak itu memang pintar di kelas. Tapi, apakah dapat teraplikasi dengan baik dalam kehidupan anak tersebut?" ujar Marketing Manager Kraft Heinz ABC Anissa Ardiella Putri dalam Konferensi Pers peluncuran ABC Sobat Cerdas, Jumat, 9 November 2018, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Pelatihan yang diberikan dalam program ini meliputi kunjungan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dengan mengajak anak usia 10-12 tahun atau setaraf kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD), untuk lebih gemar membaca, mengerti ilmu alam, dan matematika layaknya memecahkan masalah yang sering terjadi dalam kehidupan. 

Program ABC Sobat Cerdas akan mendatangi 100 sekolah di Indonesia sampai 2019 mendatang. Bersama Indonesia mengajar, program ini akan mendistibusikan sebuah buku pintar, Sarden ABC: The Brainy Book.

Dalam buku tersebut akan ada soal-soal yang bisa diperlajari dengan cara menyenangkan. Program ini melakukan pendekatan dengan menghadirkan Program Cantelan seperti singkatan-singkatan yang dapat mempermudah mereka menghafal, sampai teknik menghafal dengan kombinasi lagu-lagu yang bisa mendukung dan mendorong anak untuk gemar membaca. 

Sementara itu, anak cerdas pun tak terlepas dari dukungan nutrisi dan pelatihan yang tepat. Nutrisi yang harus tetap terjaga seperti omega 3 dan omega 6 bisa didapat dari memakan ikan laut. "Nutrisi paling besar itu ditemukan pada ikan, terutama ikan sarden yang siap saji," tutur ahli nutrisi Ali Khomsan. (Mariany)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: