Sukses

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi 2019 Beda dari Tahun Sebelumnya, Perhatikan Ini

Www.sulawesita.com, Jakarta - LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dibentuk sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi negeri yang befokus untuk mengembangkan instrumen tes masuk perguruan tinggi. Lembaga ini resmi diluncurkan dalam rangkaian rapat kerja nasional (Rakernas) Kemenristekdikti 2019 di Gedung Profesor Soedarto, Universitas Diponegoro Semarang (4/1) oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.

Menristekdikti Mohammad Nasir mengatakan, “Hal ini merupakan terobosan yang luar biasa yang telah dilakukan MRPTNI setelah melalui berbagai kajian. Memang ujian masuk perguruan tinggi dari waktu ke waktu mengalami perubahan, namun sejatinya tidak ada perubahan di dalamnya.”

LTMPT dibuat dengan pertimbangan atau prinsip adil, transparan, fleksible, efisien, akuntabel, serta disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi di era digital yang terus berkembang. Diklaim bahwa lembaga ini akan memberikan keuntugan dalam penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

UTBK dapat mengurangi kesalahan pengisian identitas, kode soal, dan pengisian lembar jawaban. UTBK juga dapat dilaksanakan di 74 lokasi pusat layanan UTBK PTN sebanyak sepuluh kali layanan tes. Hasil UTBK nantinya diserahkan kepada peserta secara individu setelah 10 hari pelaksanaan tes di mana setiap peserta dapat mengikuti tes sebanyak dua kali.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Peresmian LTMPT menandakan bahwa masyarakat dapat mengakses website seperti melihat timeline dan tanggal-tanggal penting pelaksanaan SM-PTN 2019. Disarankan untuk jeli dan cermat dalam memperhatkan kerangka waktu pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2019. Berikut jadwalnya:

1. Pelaksanaan Pengisian dan Verifikasi Data Sekolah dan Siswa (PDSS) tanggal 4-25 Januari 2019.

2. Pendaftaran SNMPTN tanggal 4-14 Februari 2019

3. Pengumuman hasil SNMPTN adalah 23 Maret 2019.

4. Tes SBMPTN 2019 dengan UTBK, dimulai dari pendaftaran tanggal 1 Maret sampai 1 April 2019.

5. Pelaksanaan tes pada tanggal 13 April – 26 Mei 2019.

6. Pengumuman hasil UTBK adalah tanggal 23 April-2 Juni 2019.

Segala proses atau sistem yang dibuat dalam proses penyaringan calon-calon mahasiswa ini diharapkan untuk mendapatkan yang terbaik. Hal ini dikatakan pada peluncuran LTMPT oleh Menristekdikti.

Selain menristek dikti, peluncuran LTMPT dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Kadarsyah Suryadi dan Ketua LTMPT sekaligus Rektor Universitas Sebelas Maret Ravik Karsidi.

Penulis:

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ikut SNMPTN 2019, Ini Hal-Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui