Sukses

Bayam hingga Delima, 7 Makanan Sehat Ini Ampuh Cegah Penyakit

Www.sulawesita.com, Jakarta - Saat ini, kehadiran obat-obatan semakin berkembang pesat, baik itu dalam bentuk pil, kapsul, sirup, dan bentuk serta jenis lainnya. Setiap kali kita sedang menghadapi masalah kesehatan, kita akan mencari obat mana yang paling ampuh untuk meredakan bahkan menghilangkan rasa sakit tersebut.

Obat-obatan herbal menjadi salah satu alternatif yang juga banyak digunakan. Namun, taukah Anda bahwa bahan-bahan makanan berikut ini memiliki sifat unik yang membuat kerja mereka dalam mengobati sama ampuhnya dengan obat-obatan konvensional?

Berikut 7 jenis makanan sehat yang ampuh obati tubuh.

2 dari 8 halaman

1. Buah Pisang

Kulit pisang adalah salah satu pengobatan yang bisa mengobati kulit memar agar memar cepat hilang. Oleskan sisi kulit pisang pada daerah yang terkena memar secara rutin, memar pun akan cepat menghilang.

Pisang juga kaya akan potasium, vitamin C, dan B6 yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Asupan kalium yang tinggi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Pisang akan memberikan dukungan yang baik pula untuk sistem pencernaan, khususnya dalam kasus diare. Buah ini akan mengembalikan kuantitas serat, kalium, dan unsur lain yang hialng selama diare dan akan meningkatkan sistem pencernaan.

Pisang juga akan membantu Anda menghilangkan kulit kering dan gatal pada kulit kepala. Ini akan menyehatkan dan melembabkan kulit dengan membuang serpihan dan peradangan.

Oleskan pisang tumbuk ke kulit kepala Anda sebagai masker bernutrisi.Masker tersebut dapat Anda buat sendiri di rumah.

3 dari 8 halaman

2. Bayam

Berkat kandungan tinggi potasium, magnesium, dan mineral lainnya, bayam direkomendasikan untuk menstabilkan tekanan darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet kaya bayam dapat menurunkan kekakuan arteri dan membantu menjaga kesehatan kardiovaskular yang baik.

Vitamin K yang ditemukan dalam kandungan bayam juga sangat penting untuk mencegah patah tulang. Vitamin K mampu meningkatkan kesehatan tulang dan memastikan penyerapan kalsium lebih baik.

Bayam juga mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar, menjadikannya produk yang bagus untuk kulit, rambut, dan kecantikan.

Vitamin A mengontrol produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut, mencegah pembentukan minyak tambahan.

Bayam juga kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk membangun kolagen yang memberikan struktur pada rambut dan kulit.

4 dari 8 halaman

3. Daun Dill

Minyak esensial yang ditemukan dalam kandungan daun dill adalah obat penenang yang dapat mengurangi insomnia dengan baik.

Flavonoid dan vitamin B yang ditemukan dalam daun dill tersebut dapat mempertahankan produksi enzim dan hormon tertentu yang memastikan tidur menjadi lebih baik.

Daun dill juga berguna untuk membantu mengeluarkan gas-gas beracun dalam tubuh.

Biji dan daun dill juga dapat digunakan sebagai penyegar mulut alami.

Minyak esensial yang mengandung daun dill memiliki sifat antimikroba dan kuman yang baik yang dapat mencegah infeksi mikroba di rongga mulut.

5 dari 8 halaman

4. Buah Delima

Beberapa penelitian telah menunjukkan adanya potensi sifat anti-inflamasi pada buah delima karena tingginya kandungan antioksidan dalam buah ini.

Penelitian lain menunjukkan potensi asupan harian jus buah delima selama 2 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

Asupan jus delima secara teratur juga dianggap bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah pada pasien penyakit jantung koroner.

Berkat vitamin dan mineral yang mengandung buah delima, asupan buah-buahan ini mampu meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan jumlah sel darah merah.

6 dari 8 halaman

5. Buah Bit

Buah bit kaya akan zat besi, senyawa yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel hemoglobin dalam tubuh.

BUah bit juga mengandung berbagai macam vitamin dan elemen penting untuk kesehatan kita, termasuk vitamin A, vitamin C, folat, mangan, tiamin, riboflavin, vitamin B6, magnesium, kalium, dan banyak lainnya.

BUah ini merupakan sumber serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah kondisi sembelit.

7 dari 8 halaman

6. Cokelat Hitam

Bubuk kakao yang ditemukan dalam jumlah besar dalam cokelat hitam terbukti efektif dalam menurunkan jumlah kolesterol "jahat" yang dapat merusak lapisan arteri.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah ke otak, secara signifikan juga meningkatkan fungsi pada otak.

8 dari 8 halaman

7. Bawang Putih

Asupan bawang putih, baik yang mentah maupun matang, dapat menjadi langkah pencegahan yang baik terhadap kondisi penyakit pilek.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih mampu mengurangi frekuensi penyakit tersebut pada orang dewasa berkat sifat antiviral dan antibakterinya.

Penelitian juga menunjukkan bahawa bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

Artikel Selanjutnya
3 Rekomendasi Tempat Makan untuk Memulai Gaya Hidup Sehat
Artikel Selanjutnya
Jangan Takut Gendut, 5 Makanan Ini Aman Dikonsumsi di Malam Hari