Sukses

Vietnam Ingin Berlaga di Piala Dunia 2026

Jakarta Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memiliki target sangat tinggi. Melalui deputy chairman VFF, Tran Quoc Tuan, mereka berharap dapat tampil di putaran final Piala Dunia 2026.

Tentu butuh persiapan panjang, total, dan serius untuk merealisasikan keinginan itu. Namun, VFF tak jeri dengan mimpi tersebut. 

"Piala Dunia 2026 akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Pada momen itu, FIFA menyetujui jumlah peserta bertambah menjadi 48 tim, dengan format tiga negara dalam satu grup, jadi ada 16 grup. Hal ini berarti Asia akan memiliki slot hingga tujuh atau delapan untuk diperebutkan," ujar Tuan seperti dikutip dari Vietnam News belum lama ini.

"Ini membantu Vietnam dan negara-negara lain di ASEAN untuk memiliki peluang besar bermain di turnamen sepak bola di dunia," lanjutnya.

"Meski itu akan sangat sulit, kami akan mengupayakannya. Selain timnas senior Vietnam, kami akan berinvestasi dalam pemain U-15 dan U-18 untuk membantu kami mencapai tujuan itu," ucap Tuan.

Tuan menuturkan saat ini menjadi momen positif bagi sepak bola Vietnam karena mendapat perhatian besar dari fan, kalangan pebisnis hingga petinggi-petinggi negara.

"VFF telah merancang rencana dan hubungan untuk membawa ke kondisi yang diperlukan untuk tim senior dan usia muda," kata Tuan.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Prestasi

Dalam dua tahun belakangan, sepak bola Vietnam, khususnya mengacu pada prestasi timnas, mengalami peningkatan. Berbagai prestasi ditorehkan sehingga timnas berjulukan the Golden Stars ini menjelma menjadi kekuatan di level Asia saat ini.

Timnas Vietnam U-23 memenangi Piala AFC U-23 2018 dan finis di peringkat keempat Asian Games 2018, sedangkan timnas senior menjuarai Piala AFF 2018 serta masuk delapan besar dalam Piala Asia 2019.

Pada ranking FIFA terbaru, per Juni 2019, Timnas Vietnam menduduki peringkat ke-96 dunia atau ke-15 di antara negara-negara Asia, yang menjadi catatan terbaik sepanjang sejarah sepak bola negara itu.

Namun, tampil di Piala Dunia 2026 tentu perkara lain. Masih ada tujuh tahun lagi, dan apa pun bisa terjadi. Yang pasti, sepak bola Vietnam harus terus meningkat untuk mencapai tujuh atau delapan besar Asia jika ingin tampil di Piala Dunia 2026 seperti ambisi mereka.

Sumber: Vietnam News

Loading
Artikel Selanjutnya
Raih Sukses,Timnas Vietnam Ingin Perpanjang Kontrak Park Hang-seo