Sukses

5 Bisnis Produk Ramah Lingkungan Menggiurkan

Www.sulawesita.com, Jakarta - Tren bisnis makin lama makin berkembang ke arah yang lebih baik. Bukan hanya masalah perkembangan teknologinya, tapi juga pemanfaatannya untuk lingkungan.

Kamu pasti sudah tahu bahwa lingkungan tempat tinggal harus dijaga agar terjaga untuk ke depannya, kan? Oleh sebab itu, kini tren bisnis merambah produk ramah lingkungan.

Apa saja? Simak ulasannya sebagaimana dilansir dari Swara Tunaiku!

1. Furnitur Daur Ulang

Salah satu produk ramah lingkungan yang mulai dibisniskan adalah furnitur daur ulang. Beberapa perabotan lama dan barang lainnya yang tertumpuk di gudang jelas akan membuat sesak dan tak sedap dipandang, kan? Kini kamu bisa mendaur ulangnya untuk menjadi produk yang layak pakai dan memiliki nilai jual.

Sebagai contoh, bila kamu memiliki drum yang tak terpakai, kamu bisa menyulapnya menjadi sofa yang dicat berwarna-warni. Sedangkan bila kamu punya peti kayu, juga bisa. Tinggal tambahkan saja roda sehingga bisa jadi coffee table yang kece. Untuk memulai bisnis daur ulang ini, tentunya kamu harus pintar berkreasi lebih dulu.

2. Sabun Non-deterjen

Kamu juga bisa coba membuat sabun non-deterjen. Seperti yang semua orang sudah tahu, limbah deterjen makin lama makin mengkhawatirkan. Mengolah sabun non-deterjen tentu bisa sangat baik untuk lingkungan. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa menggandeng teman yang punya kemampuan farmasi seperti apoteker.

Teman kamu harus bisa meracik sabun yang ramah lingkungan dari berbagai bahan alami seperti minyak dan susu kambing. Untuk masalah pemasaran, kini makin mudah, kok! Kamu bisa memasarkannya via media sosial. Jangan khawatir kalau tak bisa mendapatkan keuntungan. Sebab, harga sabun non-deterjen seperti ini cukup mahal.

2 dari 3 halaman

3. Sedotan Ramah Lingkungan

Selain itu, kamu juga bisa coba bisnis sedotan ramah lingkungan. Saat ini, sedotan ramah lingkungan ini mulai banyak ditemukan bahkan di marketplace. Berbagai bahan digunakan untuk membuat sedotan selain dari plastik. ada yang dibuat dari kaca, bambu hingga bahan akrilik. Sedotan ini bisa kamu gunakan berkali-kali sehingga mengurangi sampah.

Apalagi, biasanya bentuk sedotan ramah lingkungan ini sangat menarik karena memiliki warna dan motif yang unik. Kamu bisa menemukan harga sedotan ramah lingkungan ini hingga belasan ribu Rupiah per itemnya. Tak hanya sedotannya saja, kamu juga bisa membuat aksesori pembersih sedotan tersebut untuk mendapatkan untung yang lebih.

4. Pupuk Kompos

Ini adalah salah satu kelebihan yang bisa kamu dapatkan karena memisahkan antara sampah organik dan sampah non organik. Sampah organik bisa kamu olah menjadi pupuk kompos yang memiliki daya jual tinggi. Selain itu, pupuk kompos ini juga sangat baik untuk lingkungan.

Target pasar untuk pupuk kompos ini cukup besar. Kamu bisa menawarkannya kepada petani. Kamu bisa menjualnya dengan partai kecil hingga partai besar tergantung permintaan. Meski terlihat remeh, tapi sebenarnya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis yang satu ini bisa mencapai ratusan juta per bulan.

3 dari 3 halaman

5. Kosmetik Organik

Tak hanya sabun dan sampo saja yang bisa dibuat dari bahan organik. Namun, produk perawatan wajah juga bisa. Sama seperti sabun dan sampo organik, kamu harus memiliki kemampuan farmasi dulu untuk mengolahnya dengan benar. Untuk pasarannya, cukup banyak yang meminati kosmetik organik ini karena dinilai lebih sehat.

Itulah beberapa produk bisnis yang ramah lingkungan yang pada akhir-akhir ini makin banyak saja. Selain beberapa produk tersebut, masih banyak lagi produk bisnis yang ramah lingkungan yang bisa kamu temukan. Misalnya saja kerajinan tangan dari sampah, tas belanja dan kantong yang ramah lingkungan, dan masih banyak lagi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Hasilkan Pundi-Pundi Uang Lewat Gim
Artikel Selanjutnya
Ingin Bangun Bisnis Bareng Sahabat, Ini Tipsnya!