Sosial

Keluarga Alumni 2007 SMAN 1 KAHU (SMAN 6 BONE), menggagas Gerakan Berbagi Kebahagiaan jelang Lebaran sekaligus melawan Covid-19

Setelah penyaluran dan pengumpulan donasi rampung dilakukan diinternal 0ne7hink, selanjutnya masing-masing merekomendasikan nama-nama calon penerima paket dengan skala prioritas kelayakan penerima.
penyaluran bantuan paket berbagi mulai didistribusikan Minggu, 17 Mei 2020 kepada masyarakat Bone Kec. Kahu dan sekitarnya.

Salah satu kru 0ne7hink mengungkapkan, gagasan ini lahir setelah mencermati munculnya berbagai keluhan masyarakat tentang pembagian sembako yang tidak merata. Bahkan sejumlah warga mengaku, sama sekali belum menerima bantuan, meskipun warga terdampak corona dan layak mendapatkan bantuan.

Selain itu, berdasarkan evaluasi pihaknya, pembagian sembako selama ini cenderung menciptakan kerumunan warga hingga berebut dan berdesak-desakan.

“Situasi ini tentu saja menimbulkan masalah baru, berkaitan dengan himbauan physical distancing (jaga jarak secara fisik),” ungkapnya.

“Ketika misalnya ada pembagian sembako di pinggir jalan atau di suatu tempat, maka pasti warga akan datang menyerbu sehingga otomatis tidak ada lagi physical distancing. Selain itu, sulit untuk melakukan verifikasi, siapa sebenarnya yang paling berhak menerima bantuan,” katanya.

Salah seorang relawan yang ditemui di lokasi, mengatakan, pandemi Covid 19 ini mengakibatkan perekonomian menjadi lumpuh karena masyarakat tidak boleh keluar rumah sehingga sulit untuk mencari nafkah.

0ne7hink berbagi kebahgiaan adalah sebuah gerakan sosial sekaligus gerakan aktif melawan Covid 19 dengan mengutamakan Keluarga dan kerabat 0ne7hink yang juga sekligus terdampak wabah corona.

“Kita pasti tahu persis di lingkungan kita masing-masing, siapa-siapa yang benar-benar mengalami kesusahan. Nah, merekalah yang akan diberikan bantuan. Jadi kita tidak asal bagi di pinggir-pingir jalan, tetapi berbasis data yang akurat,” tambahnya.

Kami berharap, semangat gerakan ini bisa direplikasi oleh warga dan komunitas lain.

Bantuan berupa, indomie, telur, gula, mie instan, sirup dan sejenisnya telah disalurkan dengan cara diantarkan langsung pada target sasaran yang didata masing-masing oleh anggota alumni.

Keluarga Alumni 2007 sendiri adalah organisasi paguyuban para alumni SMAN 1 Kahu yang kini bernama SMAN 6 Bone. Alumninya tersebar di seluruh daerah di Indonesia dengan berbagai profesi.

Tags
Back to top button
Close
Close