"Kecuali Pak Bupati Sudah Tidak Percaya Diri Lagi" oleh Subarman Salim

Sulawesita.com, Opini – Saya tidak terlalu yakin kalau surat sakti itu disebar atas arahan pak Bupati. Mungkin oleh beberapa orang-orang dekatnya atau inisiatif kelompok relawan. Tapi, untuk yang terakhir rasanya agak berat, karena kinerja relawan biasanya lebih banyak dalam bentuk kerja ril.

Saya tidak terlalu yakin kalau itu berasal dari hasil pemikiran Pak Bupati. Beberapa alasan di bawah ini bisa menguatkan argumen ini.

Pertama, berhasil membuat panggung untuk Nurdin Halid dan SYL di Bone di waktu yang tidak terpaut lama adalah prestasi politik yang luar biasa. Meski beberapa orang menilainya biasa saja, maksudnya siapapun bupatinya, bisa saja melakukan hal yang sama.

Kedua, empat tahun menjabat sebagai nomor wahid di daerah berpenduduk terbanyak di Sulsel setelah Makassar ini, pasti sudah sangat memahami setiap inci tanah dan setiap isi kepala warganya. Artinya, naif kalau setiap langkah politik tidak dijalankan dengan penuh pertimbangan.

Ketiga, surat sakti itu bisa menjadi bumerang. Kok bisa? Ini bisa digunakan sebagai kampanye hitam pihak lawan, karena bisa dituduh curi start. Apalagi isi surat secara eksplisit mengadang calan dari jalur independen.

Padahal, peluang politik tak terlalu bagus untuk calon dari jalur independen, itu terbukti di Tahun 2013 silam.

Keempat, masih ada setahun sisa pemerintahan. Setahun sisa itu, cukup melaksanakan agenda tahunan dan program kerja yang sudah disusun dengan baik, seorang bupati dengan sendirinya meraih poin tambahan untuk persiapan Pilkada.

Kelima, Tahun 2013 lalu Tafadal dikenalkan dengan tagline Harapan Baru, sebuah slogan yang dikemas sebagai akumulasi jumudnya kondisi masyarakat saat itu.

Harapan baru diartikan sebagai hubungan baru, dinamika baru, peluang baru, dan setumpuk perubahan ke arah yang lebih baik.

Keenam, meskipun ada demo dan banyak keluhan soal belum terealisasinya visi-misi lima ribu lapangan kerja dan pupuk murah, tapi toh Pak Bupati tetap berhasil menyabet banyak penghargaan.

Entahlah… Tapi, saya tetap tidak yakin…

Kecuali ada bocoran survei dengan tingkat kepuasan publik di bawah rata-rata…

Kecuali beliau sudah tidak percaya diri lagi…

#PilkadaDamai
Penulis: Subarman Salim

Facebook Comments