Beranda News Join Us !! Kelas Budaya Rumah Baca Bukuta Philosophia

Join Us !! Kelas Budaya Rumah Baca Bukuta Philosophia

36

fb_img_1484006175131

Kearifan lokal dapat didefinisikan sebagai suatu kekayaan budaya lokal yang mengandung kebijakan hidup; pandangan hidup yang mengakomodasi kebijakan dan kearifan hidup. Di Indonesia, kearifan lokal itu tidak hanya berlaku secara lokal pada budaya atau etnik tertentu, tetapi dapat dikatakan bersifat lintas budaya atau lintas etnik sehingga membentuk nilai budaya yang bersifat nasional.

Sebagai contoh, hampir di setiap budaya lokal di Nusantara dikenal kearifan lokal yang mengajarkan gotong royong, toleransi, etos kerja, dan seterusnya. Pada umumnya etika dan nilai moral yang terkandung dalam kearifan lokal diajarkan turun-temurun, diwariskan dari generasi ke generasi melalui sastra lisan (antara lain dalam bentuk pepatah dan peribahasa, folklore), dan manuskrip.

Walaupun ada upaya pewarisan kearifan lokal dari generasi ke generasi, tidak ada jaminan bahwa kearifan lokal akan tetap kukuh menghadapi globalisasi yang menawarkan gaya hidup yang makin pragmatis dan konsumtif. Secara faktual dapat kita saksikan bagaimana kearifan lokal yang sarat kebijakan dan filosofi hidup nyaris tidak terimplementasikan dalam praktik hidup yang makin pragmatis.
Kearifan lokal dapat dipandang sebagai identitas bangsa, terlebih dalam konteks Indonesia yang memungkinkan kearifan lokal bertransformasi secara lintas budaya yang pada akhirnya melahirkan nilai budaya nasional.

Di Indonesia, kearifan lokal adalah filosofi dan pandangan hidup yang mewujud dalam berbagai bidang kehidupan (tata nilai sosial dan ekonomi, arsitektur, kesehatan, tata lingkungan, dan sebagainya).

Berpikir lokal, bukan berarti katro ataupun kuno. Sebab budaya dan kearifan lokal mampu direvitalisasi dan dikembangkan untuk menjawab kondisi zaman saat ini. Untuk itu, mari bersama-sama memahami tentang Budaya dan kearifan lokal secara menyeluruh agar kita mampu mempertahan identitas..

Setelah kemarin kita membahas tentang lingkungan. Kali ini, kita akan berbincang dan berdialog terkait budaya dan kearifan lokal..

Mari bergabung dalam kelas budaya yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu (12, 13 dan 14 Januari 2017) di Rumah Baca Bukuta Philosophia Jln. Hos cokroaminoto lr. 4 kota Watampone Kabupaten Bone bersama Pemerhati Budaya Abdi Mahesa..

Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi Feby (08128750733).