News

Burhanuddin Basir Raih Gelar Doktor dengan Desertasi Memikat

Dihadapan tujuh Profesor yang dipimpin langsung Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum, Dr. Burhanuddin SH, MH yang merupakan putra ke tujuh dari 13 bersaudara adalah anak pendiri Tabloid Berita Anti Korupsi, H.M. Basir Suaib, berhasil meraih gelar Doktor dibidang hukum. Saat membawakan desertasinya dengan judul “Tanggung Jawab Negara Dalam Menjamin Ketersediaan Energi Bagi Rakyat,” Kamis Siang (8/9) di auditorium Lt. 3 Fakultas Hukum Unhas Makassar.

Bur  sapaan akrab Burhanuddin saat membacakan ringkasan desertasi dengan tebal 200 halaman lebih itu, tampil memikat. Bahkan para promotor maupun ko promotor seperti Prof Dr H. Abrar Saleng, SH, MH, Prof Dr Juajir Sumardi, SH, MH dan Prof Dr.Abdul Massba Magassing, SH, MH mengungkapkan kekagumannya pada desertasi yang dibawakan Bur dengan lengkap tersebut.

“Kami percaya setelah Anda menjadi Doktor di bidang Hukum, maka kami yakin peran saudara dalam memperjuangankan hak hak rakyat marginal akan terwujud. Utamanya pembelaan saudara kepada masyarakat yang tertinggal dengan Sumber Tenaga listriknya,” ujar Prof Dr.Abdul Massba Magassing, SH, MH.

Bahkan salah satu penguji external Prof, Dr. Suparto Wijoyo SH, MHum mengakui desertasi yang dibawakan Bur, merupakan jawaban dari kondisi kelistrikan yang dialami bangsa Indonesia saat ini,”Saya berharap anda (Bur-red) mendapat undangan dari Istana (Presiden-red) untuk bisa masuk dalam kabinetnya, sebab desertasi yang anda bawakan telah mewakili seluruh aspek kehidupan masyarakat saat ini. Dan ini adalah jawaban atas kondisi kelistrikan kita,” jelas Suparto.

Usai meraih gelar Doktor, Bur mengungkapkan jika sebenarnya pada tahun 2013 lalu, ayahnya lah yang ternyata mendorong dirinya untuk meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, “Gelar ini untuk almarhum ayah saya (HM. Basir Suaib), saya tak bisa tampil berdiri disini, jika ayah saya (saat itu-red) tak mendorong dengan sepenuh hati.” Ujar Bur dengan mata berkaca-kaca.

Dihadapan Dekan,Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum. yang memberi kesempatan kepada Bur untuk memberi ucapan terima Kasih, lagi lagi Bur mengucapkan terima kasih kepada ayahnya selain itu kepada ibu, istri, anak serta saudara saudaranya juga sahabatnya yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, “Tak lupa kepada almarhum bapak Ichsan Yasin Limpo yang ikut memberi support kepada saya, baik moril maupun materi, saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih,”ujar Bur.

Sementara itu salah satu penguji Prof Dr. Laode Abd. Gani, SH., MH yang ditemui usai pemberian gelar Doktor kepada Bur, ikut memberi apresiasi atas desertasi yang dibawakan Bur, “Dia anak cerdas, saya kagum kepadanya, Desertasinya memukau tidak ada celah untuk menyangganya, saya berharap dengan ilmu yang ia miliki ini dapat menjadi pengayom yang adil bagi masyarakat yang memang membutuhkan kualitas energy di negeri yang kaya raya ini” kunci Laode. (gus)

Back to top button
Close
Close