Himaplus UNM Tanam Mangrove di Pantai Labunge

0
15

BARRU, SULAWESITA.com – Puluhan mahasiswa Universita Negeri Makassar (UNM) menanam seratusan mangrove jenis di pantai Labunge, Kabupaten Barru, Jum’at (19/01/18).

Penanaman mangrove ini bagian dari rangkaian kegiatan Bakti Sosial yang digelar pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (Himaplus) UNM sejak seminggu lalu.

Ketua Himaplus UNM, Irfan mengatakan penanaman mangrove di pantai Labunge tersebut diharapkan mampu memperbaiki ekosistem mangrove di wilayah itu.

“Kami berharap lewat penanaman bersama ini, masyarakat dan nelayan yang mencari ikan di sekitar Pantai Labunge turut terlibat menjaga dan melestarikan mangrove di area tersebut” kata Irfan

Penanaman mangrove yang dilakukan bersama Komunitas Pencinta Alam (KPA) Rupala Barru itu juga untuk mempertebal vegetasi mangrove di pantai tersebut.

Anggota KPA Rupala Barru, Rafiuddin mengatakan penanaman mangrove di pantai Labunge penting untuk memperbaiki ekosistem mangrove di wilayah itu.

“Kelemahannya adalah area ini bukan kawasan lindung atau konservasi sehingga kesadaran masyarakat untuk bersama menjaga sangat penting,” ungkap Rafiuddin. (Penulis : Mujahidin Abdullah)