DPD MAPPI SULAMAPUA MELAKSANAKAN PPL LDA

0
79

Dewan Pengurus Derah Masyarakat Profesi Penilai Indonesia Sulawesi Maluku Papua (DPD MAPPI SULAMAPUA) menyelenggarakan Pendidikan Penilaian Lanjutan Land Developmen Analisi (PPL LDA). Land Developmen Analisis merupakan salah satu metode penilaian dalam Pendekatan Pendaparan. Metode ini sering dipergunakan dalam menilai aset berupa tanah kosong yang diperuntukkan untuk dibangun kompleks perumahan. Dalam proses penilaian dengan metode ini menempatkan objek penilaian yang masih berupa tanah kosong seakan-akan dikembangkan menjadi kawasan perumahan yang kemudian diproyeksikan dijual dengan harga tertentu. Selisih antara penerimaan dari penjualan dan biaya-biaya pengembangan dan keuntungan developer selama masa proyeksi diakumulasikan menjadi nilai sekarang/dikapitalisasi menjadi nilai objek penilaian.

PPL ini merupakan realisasi dari program kerja dari DPD MAPPI SULAMAPUA yang telah disusun setahun yang lalu. Berdasarkan pantauan yang dilakukan PPL ini dihadiri para penilai dari berbagai kota seperti Manado, Palu, Bali, Surabay, dan ada juga dari Jakarta. Total peserta berjumlah 47 orang dari berbagai jenjang keanggotaan MAPPI (P, T dan S).

Kegiatan PPL ini dilaksanakan di Hotel Swiss Bell Jl. Ujung Pandang dari tgl 10 – 11 November 2017 dan dibuka langsung oleh ketua DPD MAPPI SULAMAPUA Ahmad Syawal. Ir. Benny Supriyanto, MSc., MAPPI (Cert.) didatangkan langsung dari Jakarta sebagai pengajar pada PPL tersebut. Ahmad Syawal mempunyai harapan besar dengan diadakannya PPL LDA ini dapat meningkatkan kopetensi penilai khususnya dalam menilai objek penilaian khususnya objek penilaian yang berupa lahan perumahan.