IMG_20170331_114309

sulawesita.com,BONE- Pameran Parewa bessi yang diadakan di Tiga Titik Di kota Bone Akan berlangsung Pada ;
• 31 Maret – 3 April 2017 Di Terminal Petta Pongawae.
Dan akan berlanjut pada tanggal ;
• 3 April – 6 April 2017 Di Meseum Lappawoi Dan Di Podium Lap. Merdeka Kab Bone

Pemeran Parewa Bessi yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemerhati parewa Bessi LAMAKKAWA ini bertujuan untuk memperkenalkan warisan budaya.

Safril selaku Ketua Koordinator Pemeran parewa Bessi LAMAKKAWA yang akrab disapa Appy mengatakan, “pameran tersebut sengaja kami laksanakan di tiga titik di kota watampone karena bertujuan agar gerakan pelestarian kebudayaan bisa lebih massiv di kota Bone kemudian harapannya juga agar kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan pusaka-pusaka milik leluhur Kerajaaan Bone kepada generasi Muda agar kelak para penerus bangsa ini tidak lupa akan identitas dirinya dan identitas bangsanya.”

Pada kegiatan ini nantinya akan memamerkan Benda-benda pusaka yang berasal dari berbagai daerah di Kab Bone. Benda pusaka Yang akan dipamerkan telah melalui tahap seleksi sesuai dengan nilai karakteristik yang di miliki benda pusaka tersebut.

Termasuk benda Pusaka milik seorang warga kab Bone bernama Abdullah. Benda pusaka miliknya akan ikut dipamerkan karena termasuk benda pusaka yang punya nilai karakterisktik terbaik. Benda pusaka milik Abdullah diberi Nama label pusaka tojiwa tojawi.

Perlu juga diketahui bahwa kegiatan Pameran parewa bessi ini adalah bersumber dari gagasan Bapak Bupati Bone sebagai bentuk pelestarian kebudayaan.

Pada saat dikomfirmasi PLT Dinas Kebudayaan Andi Promal Pawi mengatakan bahwa kegiatan pameran parewa bessi ini digagas oleh Bapak Bupati Bone sebagai Bentuk Sinergitas Antara Lamabaga Pemerhati Parewa bessi (Lamakkawa) dengan PEMKAB Bone.

Facebook Comments